Headlines News :
Home » » Umbul Sidomukti, Obyek Wisata Di Atas Awan

Umbul Sidomukti, Obyek Wisata Di Atas Awan

Written By Unknown on Rabu, 02 Januari 2013 | 14.01

Kolam Umbul Sidomukti
BANDUNGAN – Tekad Pemdes Sidomukti, Kecamatan Bandungan sebagai desa wisata di Kabupaten Semarang nampaknya semakin kukuh. Menyusul diresmikannya kolam renang alam yang dikelola PT Panorama Agro Sidomukti (PT PAS) di desa itu oleh Plt Bupati Semarang Hj Siti Ambar Fathonah, Kamis (2/8).

Lokasi kolam renang yang berada di kawasan lereng Gunung Ungaran itu memang lumayan jauh dari pusat pemerintahan desa. Namun dengan kondisi jalan dan topografi lingkungannya yang berbukit-bukit dengan semburat warna aneka tanaman sayur dan bunga, menjadikan panorama alam di sepanjang jalan yang menuju ke objek wisata baru di desa itu menjadi lebih indah dan sedap dipandang mata.

Direktur PT PAS, Ir Mirah Hartika menyebut latar belakang dibangunnya objek wisata pemandian alam di lokasi itu, selain untuk mendukung tekad dan rencana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispartabud) Kabupaten Semarang dalam menambah khasanah kepariwisataan di daerahnya, yang lebih penting lagi adalah untuk merealisasikan program perusahaannya. Yaitu menjadikan lahan yang ada di desa itu lebih berdayaguna sebagai tujuan wisata yang diutamakan.

“Ini bukan sekadar obsesi, namun sudah menjadi program pendahulu kami sejak beberapa tahun silam. Untuk realisasinya, kami mulai dengan memanfaatkan sumber air yang ada untuk taman renang alam lengkap dengan sarana wisata pendukungnya. Terutama arena permainan flying fox yang kami tempatkan tak jauh dari lokasi taman renang. Adanya arena permainan inilah objek wisata yang kami kelola menjadi berbeda dengan objek wisata lain di sekitarnya,” ujar Mirah menambahkan.

Dia menyebut dioperasikannya taman renang alam mulai sekarang, selain untuk mendekatkan momentum ini dengan momen pencanangan Sidomukti sebagai desa wisata di daerah Kabupaten Semarang, sekaligus juga sebagai test case untuk mengetahui antusiasme wisatawan.

“Di lokasi ini pula kelak kami akan melengkapinya dengan objek wisata out bond, bumi perkemahan modern, wisata hutan, learning centre untuk pusat pendidikan dan latihan peningkatan SDM serta objek wisata religius utamanya berkaitan dengan kegiatan ritual keagamaan, seperti retreat dan meditasi,” ujar Mirah.

Menurut Mirah, lokasi taman renang alam yang melalui momen ini dipopulerkan dengan nama Umbul Sidomukti, yang merupakan objek wisata yang berada di atas awan.

“Sebab itulah rasanya sangat tepat bila di lokasi ini kelak kami sediakan kawasan khusus untuk melakukan kegiatan ritual keagamaan, seperti retreat dan meditasi, sehingga kawasan wisata yang kami bangun kelak akan merupakan real scape karena didalamnya mengandung unsur recreation, education, adventure dan leisure,” ujar Ir Siswono Yudhohusodo mantan Menteri Transmigrasi dan Perambah Hutan yang nampak hadir pada acara tersebut.

Plt Bupati Semarang, Hj Siti Ambar Fathonah menyambut baik upaya PT PAS untuk membardayakan secara maksimal lahan yang dimiliki. “Ini sangat positif, karena selain menambah khasanah bidang kepariwisataan di daerah Kabupaten Semarang juga bisa menambah pendapatan asli daerah dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya,” tambahnya. Peresmian dan pembukaan secara resmi Taman Renang Alam Umbul Sidomukti yang dibangun oleh PT PAS, dilakukan oleh Plt Bupati Semarang Hj Siti Ambar Fathonah dengan penandatanganan prasasti.

Hadir dalam acara tersebut di samping unsur muspida juga Kepala Dispartabud Jateng Ir Sri Urip NA, Kepala Dispartabud Kabupaten Semarang Drs H Soeparwadi, Kepala Disperhutbun Ir Piyono, Kepala Disperindag Imam Soedarmadji SH serta komunitas pelaku wisata. 
Sumber : Wawasan Digital,
Share this post :

Posting Komentar

Silahkan Anda Komentar yang Positif Dan Banyak.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INGIN TAU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger